Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Artikel Terpopuler

KEMARAU PANJANG MENYEBABKAN KELANGKAAN AIR BERSIH DI DESA BATUTUMPANG KECAMATAN TEGALWARU

            (Kamis, 14 Septeber 2023) Krisis air bersih akibat kemarau berkepanjangan sudah dirasakan warga Desa Batutumpang sejak Juli hingga September 2023. Terdapat puluhan ribu warga Desa Batutumpang yang merasakan kekuranagan air bersih, dimana air bersih merupakan hal yang sangat pokok digunakan warga untuk menunjang kegiatan sehari-hari seperti mencuci, memasak dan lain-lain Untuk mengatasi masalah air bersih ini para perangkat desa dari RT dan RW serta perangkat desa batutumpang bekerja sama dengan Badan  Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB) Kabupaten Purwakarta saling bahu membahu untuk mendistribusikan air bersih ke warga setempat. Hal ini diharapkan dapat membantu dan mengurangi kegelisahan warga untuk mendapatkan air bersih.

Kabar baik ! BLT yang diharapkan masyarakat desa Batutumpang akhirnya cair

Selasa, 12 September  2023  BLT atau Bantuan Langsung Tunai merupakan sebuah program bantuan Pemerintah Indonesia yang berjenis pemberian uang tunai ataupun beragam bantuan lain. BLT ini ditujukan kepada masyarakat kurang mampu. Adapun bantuan langsung tunai yang diberikan kepada masyarakat desa Batutumpang yaitu senilai 900.000 ribu rupiah. Kegiatan ini dilakukan di aula kantor Desa Batutumpang pada pukul 14.00, yang disalurkan oleh perangkat desa selaku aparat pemerintahan beserta praja IPDN. Pembagian bantuan langsung tunai tahun 2023 ini diharapkan dapat membantu masyarakat desa Batutumpang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan meningkatkan taraf hidup masyarakat desa. Pemerintah Desa Batutumpang juga berkomitmen untuk terus melakukan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat setempat.     

Gawaaattt!!! Musim kemarau telah tiba.. Batutumpang Vs Si Jago Merah

Rabu, 13 September 2023 Pada musim kemarau tentunya akan menimbulkan fenomena alam seperti; tanah menjadi gersang, debu berterbangan sangat tebal, meranggasnya tanaman, bahkan tumbuhan-tumbuhan kering dan mati dan juga musim kemarau berdampak pada berkurangnya pasokan air permukaan maupun air bawah tanah termasuk Desa Batutumpang. Dampak ini juga berimbas pada tumbuhan-tumbuhan menjadi kering dan rentan mudah terbakar jika terkena api. Terlebih dari itu juga seringnya masyarakat membakar berbagai jenis sampah yang menjadi salah satu pemicu Si Jago Merah yang bisa mengancam terjadinya kebakaran selama musim kemarau, baik dari api pembakaran sampah itu sendiri maupun percikan-percikan api yang tertiup oleh angin. Selain itu kurangnya kesadaran masyarakat yang membuang puntung rokok sembarangan, di hutan, pinggiran jalan, dan di lingkungan sekitar lainnya. Jika sudah terjadi kebakaran banyak dampak negatif yang tentunya sangat merugikan manusia dan lingkungan yang mana asap kebakaran menyebabkan polusi sehingga memperburuk kondisi udara untuk manusia bernapas. Bahkan kerugian kehilangan harta benda dan nyawa sekalipun bisa saja terjadi. Bedasarkan fenomena alam yang terjadi pada musim kemarau panjang, kita mengamati dan melihat sendiri kebakaran hutan sering terjadi dibandingkan pada saat musim penghujan. Pada musim kemarau angin juga bertiup cukup kencang yang dapat mempercepat perpindahan api ketika kebakaran. Oleh karena itu frekuensi kebakaran yang terjadi harus menjadi perhatian bersama khususnya desa Batutumpang agar tidak merugikan masyarakat dan lingkungan sekitar.  

Kegiatan Rutinitas Posyandu Serta Manfaatnya Bagi Ibu dan Anak di Desa Batutumpang, Kabupaten Purwakarta.

Selasa, 12 September 2023 Peran posyandu di tengah masyarakat khususnya di Desa Batutumpang sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. Banyak program posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan pasangan usia subur. Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Kegiatan posyandu terdiri dari kegiatan utama dan kegiatan pengembangan. Berikut ini adalah beberapa kegiatan utama posyandu: Program kesehatan ibu hamil. Pelayanan yang diberikan posyandu kepada ibu hamil mencakup pemeriksaan kehamilan dan pemantauan gizi. Tak hanya pemeriksaan, ibu hamil juga dapat melakukan konsultasi terkait persiapan persalinan dan pemberian ASI.Agar kondisi kehamilan tetap terjaga, ibu hamil juga bisa mendapatkan vaksin TT untuk mencegah penyakit tetanus .Setelah melahirkan, ibu juga bisa mendapatkan suplemen vitamin A, vitamin B, dan zat besi yang baik dikonsumsi selama masa menyusui. Imunisasi. Imunisasi wajib merupakan salah satu program pemerintah yang mengharuskan setiap anak usia di bawah 1 tahun untuk melakukan vaksinasi. Kada 5 jenis imunisasi yang wajib diberikan, yaitu imunisasi hepatitis B, polio, BCG, campak, dan DPT-HB-HiB. Pemantauan status gizi. Melalui kegiatan pemantauan gizi, posyandu berperan penting dalam mencegah risiko stunting pada anak. Pelayanan gizi di posyandu meliputi pengukuran berat dan tinggi badan, deteksi dini gangguan pertumbuhan, penyuluhan gizi, dan pemberian suplemen.  Program Kesehatan Anak. Salah satu program utama posyandu adalah menyelenggarakan pemeriksaan bayi dan balita secara rutin. Hal ini penting dilakukan untuk memantau tumbuh kembang anak dan mendeteksi sejak dini bila anak mengalami gangguan tumbuh kembang.Jenis pelayanan yang diselenggarakan posyandu untuk balita mencakup penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala anak, evaluasi tumbuh kembang, serta penyuluhan dan konseling tumbuh kembang.

Sosialisasi Praja IPDN dalam optimalisasi WEBDESAKU di Desa Batutumpang, Kabupaten Purwakarta.

Pada Jum'at, 9 September telah dilaksanakan sosialisasi webdesaku oleh praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri yang bertempat di aula kantor Desa Batutumpang. Sosialisasi tersebut ditujukan untuk perangkat desa dan seluruh warga Batutumpang demi mendukung digitalisasi webdesaku. Harapannya ialah warga dapat menggunakan  webdesaku ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. praja ipdn sosialisasikan webdesaku kepada warga desa batutumpang